Pages

Thursday, June 28, 2012

Proposal penulisan Ilmiah


1.1 Latar Belakang
Era globalisasi yang tidak dapat dihindarkan lagi membuat sebua kebutuhan menjadi serba cepat mulai dari kebutuhan sehari-hari, kebutuhan keluarga, hingga kebutuhan umum. Hal ini terjadi karena banyaknya kebutuhan manusia  sedangkan alat memenuh kebutuhannya pun terbatas dan cukup lama.


Di zaman seperti ini, rasanya tidak asing lagi kita melihat peralatan yang serba cepat yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan konsumen, mulai dari peralatan sehari-hari baik yang primer maupun yang non primer. Pemakai juga menyadari bahwa alat itu dapat memberikan apa yang pemakai inginkan dalam waktu yang sangt singkat sehingga si pemakai dapat mengerjakan hal-hal yang lainnya tanpa perlu menunggu lama.
Setelah melihat fenomena tersebut dan besarnya minat masyarakat terhadap suatu alat yang mampu mengerjakan sesuatu dengan cepat. Saya mengambil contoh pada sistem belajar mengajar. Pada saat mengajar kita membutuhkan spidol. Pada saat spidol sudah tidak nyata lagi kita isi ulang kembali. Akan tetapi, butuh beberapa menit untuk mengisi beberapa spidol yang kosong. Padahal kita ingin meringkas waktu yag dipakai untuk mengisi spidol untuk mengajar dengan maksimal.

Berdasarkan pembahasan kelayakan investasi di atas, penulis tertarik untuk mengajukan penulisan ilmiah tentang studi kelayakan dengan judul : “ALAT PENGISI SPIDOL OTOMATIS“


1.2 Rumusan Masalah dan Batasan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas rumusan masalah penelitian ilmiah adalah : Efisiensikah alat tersebut sebagai pengganti waktu yang terbuang percuma?
Dalam penelitian ilmiah ini, penulis membatasi pembahasannya hanya dilihat dari aspek waktu yang meliputi : banyaknya spidol, volume tinta, dan waktu yang digunakan untuk mengisi spidol.

1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan alat ini jika dilihat dari aspek waktu.

1.4 Manfaat Penelitian
1. Bagi pengguna
Sebagai salah satu alternatif untuk mempersingkat waktu pengisian.
2. Bagi Penulis
Dapat mengaplikasikan materi yang didapat selama perkuliahan.

1.5 Metode Penelitian

1.5.1 Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah :
Studi Pustaka
Yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan cara mempelajari buku-buku referensi yang berkaitan dengan topik penelitian.

1.6 Sistematika Penelitian
Dalam penelitian ini disusun menjadi empat bagian bab sebagai berikut:
a. BAB I PENDAHULUAN
Bab I ini menggambarkan tentang latar belakang penelitian, rumusan dan basasan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian serta sistematika penelitian.
b. BAB II LANDASAN TEORI
Bab II ini menguraikan teori-teori yang menunjang penelitian sehingga data primer yang diperoleh dapat di analisis dengan bantuan teori-teori tersebut
c. BAB III PEMBAHASAN
Bab III ini berisikan data atau informasi yang diperoleh dalam studi lapangan. Berisi tentang kondisi perusahaan sekarang, usulan pengembangan investasi yang dilakukan oleh pemilik salon berdasarkan pendapatan dan pengeluaran salon tersebut.
d. BAB IV PENUTUP
Bab IV merupakan bab penutup atau bab yang terakhir dimana pada bab ini diuraikan tentang kesimpulan dan saran dari penulis, yang diharapkan berguna bagi wirausaha atau pihak-pihak yang membutuhkan.

1 comment:

  1. Personaliti Development ASIA Teori Belbin :

    http://besmartbepositif.blogspot.com/2012/05/nine-team-role-01-personality.html

    ReplyDelete